Kamis, 14 September 2017

Posisi Rupiah Menurun Tajam Sebesar 50 Poin, Di Penutupan Hari Ini

Posisi Rupiah Menurun Tajam

LigaFox - Posisi rupiah menurut data Bloomberg, sore ini berada di level Rp 13.251/USD, atau berkurang 50 poin dari posisi penutupan kemarin, di level Rp 13.201/USD, dengan kisaran level Rp 13.228 - Rp 13.225/USD.

Rupiah sore ini, berakhir di level Rp 13.245/USD, atau jauh memburuk dari penutupan kemarin, yang berada di level Rp 13.207/USD.

Sementara, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah pada sesi penutupan perdagangan hari ini, terjun ke level Rp 13.249/USD, atau anjlok 55 poin dari posisi sebelumnya, yang berada di level Rp 13.194/USD. Rupiah bergerak, pada kisaran level Rp 13.199 - Rp 13.261/USD.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD), pada penutupan perdagangan sore hari ini makin terjerumus, alias melemah cukup dalam, dibanding penutupan sebelumnya. Pelemahan mata uang garuda terjadi, saat poundsterling menguat terhadap USD.
Menurut data dari kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, menunjukkan rupiah tertahan di level Rp 13.239/USD. Posisi ini memperlihatkan rupiah melemah cukup dalam, sebesar 30 poin dari posisi sebelumnya, di level Rp 13.209/USD.
Seperti dilansir Reuters, Kamis (14/9/2017), poundsterling terhadap USD, menguat di atas level 1,32, setelah menarik diri dari harga satu tahun di hari sebelumnya, karena para pelaku pasar, menunggu petunjuk dari Bank of England, mengenai akankah segera menaikkan suku bunga dari rekor terendah.

Poundsterling naik tajam pada Selasa, setelah data inflasi yang lebih kuat dari perkiraan, 2,9%, atau jauh di atas target BoE, sebesar 2%. Ini mendorong ekspektasi, bahwa Bank mungkin harus bergerak menuju kenaikan suku bunga.

Namun, tergelincir pada Rabu, setelah angka yang lebih lemah dari perkiraan menunjukkan, bahwa pertumbuhan upah masih tertinggal. Pada hari ini tercatat, mendatar di level 1,3209 per USD.

Poundsterling kemarin membukukan hari terlemah dalam enam pekan terhadap USD, setelah sebelumnya pada hari tersebut, mencapai level tertinggi dalam satu tahun, di posisi 1,3329.

Sementara itu, poundsterling terhadap euro, mendatar di level 90,05 pence, mendekati level tertinggi dalam enam minggu, di posisi 89,83.

BoE, segera mengumumkan keputusan kebijakan, terkait tingkat suku bunga. Di mana tingkat suku bunga Inggris, belum meningkat selama satu dekade.
Semuanya akan tertuju pada Kepala Ekonomi Bank Dunia Andy Haldane, untuk melihat apakah dia beralih dan bergabung dengan anggota MPC, yang telah meminta pembalikan penurunan suku bunga pada kuartal sebelumnya.
Jika bergerak sekarang, pasar kemungkinan akan mengalami kenaikan harga yang kuat, dari kenaikan suku bunga pada awal pertemuan BoE berikutnya, pada November, yang berpotensi mengganggu ekonomi, yang telah menunjukkan tanda-tanda goyah tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar