Kamis, 21 September 2017

Bantuan Kemanusiaan Dari Indonesia, Untuk Rohingya Yang Ke 2 Kalinya

Bantuan Kemanusiaan Dari Indonesia

LigaFox - Bantuan pertama dikirim pada pukul 14.00 WIB, Rabu 20 September 2017 siang, menggunakan pesawat Hercules A 1316. Selang 30 menit kemudian, pesawat Hercules A 1326, kembali bertolak mengirikan bantuan.

Untuk kedua kalinya, pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan pangan dan obat-obatan, untuk pengungsi Rohingya di Myanmar. Bantuan yang diberikan, dikirim menggunakan 2 pesawat Hercules milik TNI AU, dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, pemerintah kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan dan obat-obatan, bagi pengungsi Rohingya dari Rakhine State, di Myanmar. "Bantuan dikirim menggunakan 2 pesawat Hercules" katanya, Kamis (21/9/2017).
"Kedua pesawat tersebut, membawa sejumlah bantuan kemanusiaan di antaranya, makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil, paket makanan siap saji, tenda, selimut, tangki air, serta kain sarung" katanya.
Berbeda dengan sebelumnya, bantuan kemanusiaan kali ini, dikirimkan pemerintah Indonesia ke Myanmar. Namun, kedua pesawat tersebut, akan singgah terlebih dahulu, di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Aceh, untuk melanjutkan perjalanan ke Myanmar hari ini, Kamis (21/9/2017).

Selain itu, Kementerian Kesehatan, juga turut memberikan bantuan, berupa 1 ton paket obat-obatan, untuk para pengungsi. Bantuan tersebut, turut diterbangkan dalam pemberangkatan kali ini.

Menurut Kedutaan Besar Republik Indonesia, yang ada di Dhaka, Bangladesh, dalam siaran persnya menyatakan, bahwa hingga Senin, 18 September 2017, total bantuan kemanusiaan sebesar 74 ton, telah tiba di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh, dan siap untuk didistribusikan kepada para pengungsi.

Untuk diketahui, pada Rabu, 13 September 2017, pemerintah Indonesia secara bertahap melalui 8 sortie, mengirimkan bantuan untuk pengungsi dari Rakhine State, yang ada di perbatasan Bangladesh - Myanmar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar