Senin, 21 Agustus 2017

Armada Penghancur AS Tabrakan Dengan Kapal Dagang Berbendera Liberia

Armada Penghancur

LigaFox - Kapal USS John S McCain, adalah kapal perang kedua (armada penghancur), yang mengalami kecelakaan di Pasifik dalam dua bulan ini, setelah sebelumnya dialami oleh USS Fitzgerald, pada 17 Juni 2017.

USS Fitzgerald, bertabrakan dengan sebuah kapal kontainer di lepas pantai Jepang, menyebabkan tujuh anggota angkatan laut Amerika tewas.

Kecelakaan itu diketahui, terjadi di perairan Singapura sebelah timur Selat Malaka, pada Senin pagi tadi, 21 Agustus 2017. Sedikitnya 10 pelaut dilaporkan hilang, dan tiga awak cedera. 

Bantuan lapangan pun diberikan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang, yang berkoordinasi dengan jajaran Gugus Keamanan Laut Barat (Guskamlabar).

TNI Angkatan Laut, mengerahkan bantuan evakuasi korban insiden tabrakan kapal perang Amerika Serikat USS John S. McCain, dengan kapal tanker Alnic MC berbendera Liberia.
"(Dibantu) dengan menurunkan unsur kapal RI Cucut-886 dan Parang-647, serta 1 Helikopter 409 dan unsur patroli Lantamal IV, untuk membantu melaksanakan SAR pencarian korban" ujar Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV, Mayor Josdy Damopolii, Senin, 21 Agustus 2017.
Pencarian pun didukung armada maritim Malaysia (Malaysian Maritime Enforcement Agency/MMEA), dan Royal Malaysian Navy. Ada juga kapal pengawal pantai dan bantuan armada tempur laut dari pihak Singapura, dalam upaya mencari 10 pelaut AS yang hilang.

"Satu Heli Sea Hawk dari Kapal John S McCain, telah diterbangkan melakukan pencarian di lokasi" kata Josdy. Menurut Josdy, insiden tabrakan kapal itu, merusak buritan lambung kiri kapal perang McCain.

Sedikitnya 10 marinir Amerika Serikat hilang, dan lima lainnya luka-luka, setelah sebuah kapal perang jenis perusak USS John S. McCain, tabrakan dengan kapal barang Alnic MC, di perairan Singapura, Senin, 21 Agusus 2017.

Pasukan gabungan pun berkomunikasi dengan instansi lingkungan hidup, untuk mengantisipasi tumpahan minyak dari tanker Alnic MC, yang berat kotornya mencapai tiga kali tonasi Kapal McCain.

"Namun, sampai saat ini belum ada tumpahan minyak, yang terlihat dilokasi kejadian tabrakan kapal" kata Josdy, Senin siang 21 Agustus 2017.

Insiden tersebut dilaporkan terjadi, pada pukul 05.24 pagi waktu setempat. "Kapal perang tersebut, mengalami kerusakan di sisi kiri" bunyi pernyataan Angkatan Laut Amerika.

Angkatan Laut Amerika, melalui sebuah pernyataan mengatakan, USS John S. McCain, bertabrakan dengan kapal dagang Alnic-MC, saat armada penghancur itu melakukan perjalanan rutin, menuju pelabuhan yang dikunjungi di Singapura.
Kapal perang MCCain, memiliki panjang 505 feet, atau sekitar 154 meter, dengan beban 9.000 ton, sementara Alnin MC, adalah sebuah kapal dagang, dengan panjang 183 meter, membawa beban 30 ribu ton minyak berbendera Liberia.
Upaya pencarian dan penyelamatan awak kapal, terus dilakukan menggunakan helikopter dan pesawat terbang marinir, yang diterbangkan dari kapal USS America, dibantu kapal dan helikopter Singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar