Selasa, 22 Agustus 2017

Bendera Indonesia Terbalik, Malaysia Meminta Maaf Dengan Cepat

Bendera Terbalik

LigaFox - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir memastikan, Pemerintah Malaysia telah menerima nota diplomatik berisi kekecewaan Indonesia, atas kesalahan yang ditemukan di halaman 80 pada buku tersebut.

Pemerintah Malaysia bereaksi cepat, menjawab nota diplomatik Indonesia, setelah insiden bendera Merah Putih terbalik, dalam buku panduan SEA Games 2017.

Reaksi Malaysia menurut dia, muncul kurang dari sehari, sejak kesalahan cetak gambar bendera tersebut dipermasalahkan. Insiden itu pun, diikuti pertemuan resmi Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, dengan Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin.

"Tindaklanjut nota diplomatik itu, dijawab dalam permintaan maaf. Di situ kita lihat, bagaimana cepatnya mereka keluarkan permintaan maaf resmi" ujar Arrmanatha, di Kompleks Kemlu, Pejambon, Jakarta Pusat, Senin, 21 Agustus 2017.
Selain meminta maaf mewakili Pemerintah Malaysia, Khairy pun menjanjikan, bahwa pihaknya akan memperbaiki kesalahan, dalam produksi buku suvenir Sea Games 2017 tersebut.
Pemerintah Indonesia, sebelumnya bereaksi terhadap isi buku yang dibagikan, saat pembukaan Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Sabtu lalu. "Bahwa tak gampang, untuk keluarkan permintaan maaf cepat seperti itu" ucap Arrmanatha.

Iman pun memakluminya secara pribadi kesalahan tersebut, dan berencana akan tetap menyampaikan permohonan maaf itu, kepada Presiden RI Joko Widodo. Khairy, usai bertemu Menpora Imam, pada Ahad kemarin mengatakan, kesalahan cetak bendera terbalik tersebut, tak disengaja.
Untuk menebus kesalahannya, cetakan yang salah tersebut, tak akan diedarkan lagi, dan akan direvisi sebelum diedarkan kembali.
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, melakukan pertemuan dengan Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin, terkait bendera merah putih terbalik, dalam buku panduan SEA Games 2017.

Pembicaraan menteri dari dua negara itu, dilakukan di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Ahad, 20 Agustus 2017. Adapun Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, masih akan mengirim surat ke pemerintah negeri Jiran, soal insiden tersebut.

Terlepas dari pertemuan dua menpora dan nota diplomatik, protes dari Kemlu RI, Tjahjo, masih mempertanyakan latar belakang, kesalahan cetak gambar bendera Indonesia tersebut. Khairy mengatakan, kesalahan tersebut tak disengaja.

Untuk menebus kesalahannya, Khairy mengaku telah memerintahkan, agar semua buku panduan itu tak diedarkan lagi, dan membuat cetakan baru yang sudah direvisi. "Dan akan dikirim kembali, ke tamu negara yang hadir di acara pembukaan" katanya.

"Ini suatu kesalahan yang besar, dan saya sebagai pihak tuan rumah, telah memohon maaf kepada Pak Imam selaku Menpora, dan memohon maaf pada seluruh rakyat Indonesia" kata Khairy, dalam siaran tertulisnya.

Usai pertemuan itu, Imam Nahrawi mengaku, memakluminya secara pribadi, karena Khairy merupakan sahabat dekatnya. Namun sebagai perwakilan negara, Imam menegaskan, akan tetap menyampaikan permohonan maaf itu, kepada Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Khairy, kerajaan Malaysia nantinya, akan mengeluarkan permohonan maaf secara resmi. Ia mengharapkan, agar masyarakat mempertimbangkan permohonan maaf, dan bisa terus membina hubungan baik antarkedua negara.

Menurut Imam Nahrawi, insiden pencetakan bendera merah putih terbalik, dalam buku panduan SEA Games 2017 itu, bisa menjadi pembelajaran penting di masa mendatang. "Saya berharap, kesalahan tersebut segera diperbaiki, dan tidak mengubah persaudaraan Malaysia dan Indonesia" katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar